< All Topics
Print

Kode Etik Komunikasi Mahasiswa-Dosen via WhatsApp

  1. Kecuali darurat/urgent hindari menghubungi dosen diluar jam kerja (termasuk di WAG). Komunikasi via email & LMS adalah pengecualian, dapat dilakukan kapan saja.
  2. Kecuali untuk hal yang sangat personal hindari menghubungi secara langsung, gunakan WhatsApp Group (WAG) yang bersesuaian. Misal WAG angkatan, WAG kuliah, WAG PA, WAG KKN/PKL, dsb.
  3. Hindari menjawab “Baik Pak”, “Terima kasih”, dsb. Untuk meresponse pesan dosen cukup gunakan reaksi. Ini dilakukan agar pesan penting tersebut tidak tertutup respon-respon ini.
  4. Hindari penggunaan emoticon pada komunikasi formal.
  5. Saat ada urgensi menghubungi langsung nomer dosen, selalu mulai dengan salam & perkenalan serta gunakan bahasa formal. Hindari pertanyaan seperti ” Apakah Bapak/Ibu ada di kampus? ” … Alternatifnya sampaikan apa keperluan anda & tanyakan kapan bisa menemui dosen ybs.
  6. Hindari mengerjakan segala sesuatu dekat dengan deadline. Dengan kata lain hindari mengirimkan pesan yang membutuhkan aksi yang terlalu dini. Misal: ” Pak saya isi KRS 5 menit yg lalu, Bapak harus setujui segera dalam 3 menit dari sekarang karena sudah deadline ” atau semacamnya.
Table of Contents